MODIFIKASI PERMAINAN
BENTENGAN
1. Nama
permainan : Bentengan Plastik Air
2. Peraturan
permainan
a. Waktu
Untuk memainkan permainan ini tidak diperlukan waktu yang khusus.
Artinya berakhirnya permainan ini tidak ditentukan oleh waktu, melainkan dalam
satu set permainan ini ditentukan ketika salah satu regu dapat menyentuh benteng lawan. Permainan
akan tetap dilakukan sampai terjadi perselisihan skor antar kedua tim. Skor
yang diinginkan juga tidak terbatas, tergantung kesepakatan kedua tim saat itu.
b. Jumlah
pemain
Permainan
ini dibentuk menjadi dua kelompok sesuai dengan jumlah benteng yaitu dua buah.
Setiap benteng minimal memiliki anggota 3 orang. Jumlah anggota dari kedua
benteng harus sama, jika belum sama permainan tidak bisa dilanjutkan. Untuk
batas maksimal jumlah pemain bisa disepakati oleh kedua belah pihak. Diusahakan
agar jumlah pemain disesuaikan dengan luas area permainan. Ideal dari jumlah
pemain dalam permainan ini adalah 6-7 orang untuk satu benteng.
c. Peralatan
permainan
Permainan
ini tidak memerlukan peralatan yang khusus dan banyak. Hanya memanfaatkan
lingkungan sekitar dan daerah yang tidak terlalu kecil. Agar permainan lebih
menarik atau lebih menantang, daerah atau area yang digunakan bisa menggunakan
area yang luas.
Bentengan
dapat dilakukan dimana saja, baik di luar ruangan seperti: pantai, tanah
lapangan, halaman, dan berbagai tempat terbuka lainnya. Bahkan di dalam ruangan
bebentengan dapat dilakukan, hanya ruangan harus luas. Apabila kita akan
menentukan tempat bermain dapat ditentukan di lapangan berukuran minimal 8 x 8
meter.
Plastik yang berwarna bening, setiap peserta 2
buah. Kemudian tali raffia untuk mengikat antar plastik.
Air
yang diberi warna, setiap kelompok beda warna misalnya warna merah dengan
hijau, dll. Plastik diisi
air sesuai
dengan
warna yang telah disepakati oleh
kedua kelompok.
d. Fungsi
benteng
Sesuai dengan nama permainannya yaitu bentengan plastik air, jadi harus ada yang
namanya sebuah benteng. Dalam menentukan sebuah benteng kita bisa menggunakan
lingkungan tempat bermain. Bentengan hanya memerlukan dua benteng saja,
permainan tidak akan bisa dimainkan jika membuat benteng lebih dari dua.
Benteng bisa ditentukan dengan sebuah tiang, tampul, pohon atau yang lainnya,
asalkan berupa batangan yang berdiri kokoh. Ini bertujuan agar benteng tersebut
bisa dipegang oleh semua anggota dari berbagai arah. Dan posisi dari setiap
benteng harus saling berhadapan dengan jarak minimal 10 meter.
Dalam permainan bentengan ini, pohon atau tiang tidak saja berfungsi
sebagai markas. Ia juga berguna untuk memperbarui kekuatan pemain agar dapat
menangkap lawan yang berada di luar bentengnya lebih lama. Jika pemain dapat menangkap lawan tersebut sebelum menyentuh pohon
atau tiang bentengnya, maka lawan yang tertangkap itu dianggap mati.
e. Kostum
Pakaian
dalam permainan ini bebas. Namun kalau bisa menggunakan
baju olahraga.
f. Aturan
permainan
Untuk dapat menentukan siapa yang mati ketika disentuh adalah siapa yang
lebih awal keluar dari benteng. Jika salah satu lawan keluar dari benteng, maka
penjaga benteng yang satu harus berhadapan dan berusaha untuk mematikan pemain
lawan. Agar pemain yang keluar dari benteng pertama selamat dari lawan, dapat
dibantu dengan pemain kedua yang keluar dari benteng dan melawan pemain yang
ingin mengalahkan rekan kita sebelumnya, dan begitu juga seterusnya. Dalam
permainan ini, biasanya masing-masing anggota mempunyai tugas seperti
penyerang, mata-mata, pengganggu, dan penjaga benteng. Permainan ini sangat
membutuhkan kecepatan berlari dan juga kemampuan strategi yang handal.
Jika pemain yang keluar dari benteng lebih awal kalah jumlah dari pemain
lawan, pemain tersebut bisa kembali ke benteng agar selamat. Dengan menyentuh
benteng kita sendiri, kita akan selamat dari serangan lawan. Jadi syarat untuk
dapat mematikan penjaga benteng lawan adalah dengan menyentuh pemain lawan yang
keluar dari bentengnya lebih awal dari kita.
g. Penentuan
kalah dan menang
Permainan benteng-bentengan ini agar dapat merebut benteng lawan adalah
dengan mematikan atau membunuh anggota benteng. Ketika semua anggota atau
penjaga benteng sudah habis, kita bisa merebut benteng dengan menyentuh benteng
tersebut. Intinya jika kita sudah menyentuh benteng lawan, meskipun dengan
tidak membunuh penjaga benteng, berarti tim yang dapat menyentuh benteng
menjadi pemenang.
h. Cara
mematikan lawan
Cara mematikan anggotanya sangat gampang, cukup dengan menyentuh anggota
badan dari penjaga benteng lawan. Jika pemain melihat lawan keluar dari
bentengnya, biarkan ia mendekat. Pilih salah satu dari teman satu kelompok yang
mampu berlari cepat. Ketika dirasa jarak musuh dengan pemain sudah dekat,
segera kejar musuh sekuat tenaga dan sentuh badannya. Setelah itu, segera
kembali ke markas agar tidak dikejar oleh teman sang musuh. Jangan lupa untuk
menyentuh pohon atau tiang agar kekuatannya pulih. Musuh yang terkena tadi
tidak bisa ikut bermain karena sudah dianggap mati.
i.
Cara memainkan
Permainan ini dimulai dengan majunya salah satu pemain dari salah satu
benteng untuk menantang para pemain dari benteng lawannya. Pemain dari benteng
lawannya akan maju untuk mengejar. Jika pemain dari benteng penantang ini dapat
terkejar dan dapat disentuh oleh pemain lawan, maka pemain penantang dinyatakan
mati.
Biasanya pemain penantang akan berlari menghindar atau kembali ke
bentengnya sendiri. Teman-teman dari benteng penantang ini, akan mengejar
pemain dari benteng lawan yang memburu tadi. Demikian seterusnya sehingga
terjadi saling kejar mengejar antara pemain dari kedua benteng. Sering kali
terjadi adalah salah satu benteng kehabisan pemain karena telah dimatikan dan
bentengnya dikepung oleh lawannya.
j.
Manfaat dari permainan
Seperti yang dipaparkan diatas tentang cara memainkan permainan ini,
permainan ini dapat melatih gerak badan pemain, bagaimana kita bergerak lincah
agar kita tidak tersentuh oleh lawan, untuk melatih stamina, menumbuhkan
kerjasama diantara teman, memupuk jiwa sportivitas yang tinggi untuk mengakui
kekalahan, dan meningkatkan kesegaran jasmani.
3. Analisa
Gerakan
|
Unsur
Kebugaran
|
Analisis
|
Saat berlari menghindar atau
kembali ke bentengnya sendiri
|
1) keseimbangan
2) kecepatan
3) kekuatan
|
1) saat kita berlari, kita harus menjaga keseimbangan tubuh kita agar
kita tidak mudah jatuh
2) kita harus berlari dengan cepat agar kita sampai pada tujuan kita
(menghindar dari lawan atau kembali ke bentengnya sendiri)
3) kita harus menggunakan kekuatan kita agar bisa mencapai tujuan
(menghindar dari lawan atau
kembali ke bentengnya sendiri)
|
Saat mengejar musuh sekuat tenaga
dan menyentuh badannya
|
1)
keseimbangan
2)
kecepatan
3)
ketepatan
|
1) saat kita berlari, kita harus menjaga keseimbangan tubuh kita agar
kita tidak terjatuh
2) kita harus berlari dengan cepat supaya bisa mengejar musuh dan
menyentuh badannya
3) ketepatan saat kita berlari lalu menyentuh badan musuh
|
4. Pengintegrasian
permainan Bentengan Plastik Air
Dapat diintegrasikan pada mata pelajaran PKn,
Matematika, dan SBDP.
Untuk pelajaran PKn ketika mematuhi peraturan yang ada dalam permainan
Bentengan Plastik Air.
Pada Matematika yaitu mengisi air pada plastik (menghitung volum air). Pada SBDP yaitu menggambar denah lapangan
permainan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar