RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD NEGERI DONDONG 03
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/
Semester : V/II
Tema
: Pendidikan
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Mendengarkan
Mendengarkan dan memahami wacana lisan
melalui wacana lisan melalui pembacaan teks cerita rakyat dan tembang macapat.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendengarkan
cerita rakyat.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN
v Menyebutkan
tokoh utama dan wataknya.
v Meringkas
cerita rakyat/dongeng Rawa Pening.
v Menceritakan
kembali isi cerita secara singkat dengan menggunakan ragam bahasa tertentu.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v Melalui
mendengarkan cerita rakyat siswa mampu menyebutkan tokoh utama dan wataknya.
v Melalui
mendengarkan cerita rakyat siswa mampu meringkas cerita rakyat/dongeng Rawa
Pening.
v Melalui
meringkas cerita rakyat siswa mampu menceritakan kembali isi cerita secara
singkat dengan menggunakan ragam bahasa tertentu.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
bervariasi
2. Tanya
jawab
3. Kerja
kelompok
G.
LAANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Kegiatan
pendahuluan
Apersepsi
Ø Guru
mengucapkan salam pembuka
Ø Guru
mengajak siswa berdoa
Ø Guru
melakukan presensi
Ø Guru
melakukan tanya jawab mengenai cerita Rawa Pening.
Orientasi
Ø Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
Motivasi
Ø Guru
memotivasi siswa agar tertarik dengan cerita rakyat yang ada di Indnesia dengan
cara tanya jawab.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa
mendengarkan cerita rakyat yang dibacakan oleh guru.
Ø Guru
dan siswa bertanya jawab tentang cerita rakyat “Rawa Pening”.
Ø Guru
membagi siswa ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari 3 sampai 4 siswa.
Ø Setiap
kelompok mendiskusikan cerita rakyat “Rawa Pening” menyebutkan tokoh utama dan wataknya.
Ø Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Ø Kelompok
lain menanggapi kelompok yang sedang presentasi bila jawabannya tidak
sependapat dengan kelompoknya.
Ø Guru
menyimpulkan hasil diskusi mengenai cerita rakyat “Rawa Pening”.
Ø Siswa
membuat ringkasan cerita rakyat/dongeng Rawa Pening.
Ø Siswa
menceritakan kembali isi cerita secara singkat dengan menggunakan ragam bahasa
tertentu di depan kelas.
c. Kegiatan
penutup
Ø Siswa
membuat kesimpulan atau rangkuman hasil belajar.
Ø Guru
bersama siswa bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk
mengetahui hasil ketercapaian materi)
Ø Melakukan
penilaian hasil belajar.
Ø Refleksi
tindak lanjut
Ø Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
H.
SUMBER BELAJAR
1. Remen
Bahasa Jawi SD/MI kelas V, penerbit Erlangga
I.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Kisi-kisi Penilaian
No
|
Indicator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
instrumen
|
1.
|
Menyebutkan tokoh utama dan wataknya.
|
Tes terlulis
|
Tes pilihan ganda dan tes isian
singkat,uraian
|
|
2.
|
Meringkas cerita rakyat/dongeng Rawa
Pening.
|
|
|
|
3.
|
Menceritakan kembali isi cerita secara
singkat dengan menggunakan ragam bahasa tertentu.
|
|
|
|
Yogyakarta, 12 April
2014
Mengetahui Guru
kelas/Pengampu
Kepala SD Negeri Dondong 03
Drs. Arkaan Bilal Al
Khoerq Awal
Nofia Estry S.Pd
NIP 19910509
201104 004 NIP
19921130 201104 024
Tidak ada komentar:
Posting Komentar