LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
1.4.1
A.
Tema : Lingkungan Bersih, sehat dan asri.
B.
Kompetensi Dasar
1. PKn
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
2.
Bahasa
Indonesia
4.1
Berkomunikasi secara lisan dengan orang
lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan.
C.
Tujuan
Mampu Mengetahui lingkungan dan pola hidup sehat.
D. Petunjuk
1.
Amati
gambar yang ada di LKS, kemudian jodohkan sesuai sebab dan akibatnya.
2.
Berilah
tanda centang ( √ ) pada gambar untuk lingkungan sehat tandailah dengan ×
untuk lingkungan yang tidak sehat.
1.
Pasangkan gambar kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang sesuai dengan lingkungan dan pola hidup sehat.
banjir
|
Menyapu halaman
|
Rumah bersih dan sehat
|
Membuang sampah
|
Cuci tangan
|
Makan permen
|
Bermain tanah
|
Sikat gigi
|
2.
Tandailah dengan tanda √ untuk lingkungan sehat tandailah dengan × untuk lingkungan yang tidak sehat
Rubrik
Penilaian
1. Rubrik penilaian menjodohkan
No
|
Kriteria
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Ketepatan sebab akibat dengan gambar
|
Menjodohkan sebab dan akibat dari gambar benar semua
|
Menjodohkan sebab dan akibat dari gambar salah 1
|
Menjodohkaan sebab dan akibat dari gambar salah 2
|
Menjodohkaan sebab dan akibat dari gambar salah 3
|
2.
|
Kerapian dalam menjodohkan
|
Kerapihan dalam menjodohkan rapi
|
Kerapian dalam menjodohkan cukup rapi
|
Kerapian dalam menjodohkan kurang rapi
|
Kerapian dalam menjodohkan tidak rapi
|
3.
|
Ketelitian dalam menjodohkan
|
Ketelitian dalam menjodohkan teliti
|
Ketelitian dalam menjodohkan cukup teliti
|
Ketelitian dalam menjodohkan kurang teliti
|
Ketelitian dalam menjodohkan tidak teliti
|
2. Cara penilaian menjodohkan
No
|
Nama peserta didik
|
Skor perolehan
|
Jumlah
|
||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal = 12
Nilai =
3. Rubrik penilaian cek list gambar
No
|
Kriteria
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1.
|
Kerapian penulisan tanda
|
Kerapain Penulisan tanda sangat rapi
|
Kerapain Penulisan tanda rapi
|
Kerapain Penulisan tanda cukup rapi
|
Kerapain Penulisan tanda kurang rapi
|
Kerapain Penulisan tanda tidak rapi
|
2.
|
Ketelitian memilih tanda
|
Ketelitian memilih tanda sangat teliti
|
Ketelitian memilih tanda teliti
|
Ketelitian memilih tanda cukup teliti
|
Ketelitian memilih tanda kurag teliti
|
Ketelitian memilih tanda tidak rapi
|
4. Cara penilaian cek list gambar
No
|
Nama Peserta didik
|
Perolehan skor
|
Jumlah
|
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Skor maksimal = 10
Nilai =
× 100
Tidak ada komentar:
Posting Komentar