Jumat, 16 Mei 2014

lembar kerja siswa tema lingkungan bersih, sehat dan asri


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
1.4.1

A.    Tema  : Lingkungan Bersih, sehat dan asri.
B.     Kompetensi Dasar
1. PKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
2. Bahasa Indonesia
4.1 Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat,   lingkungan sekitar, buah, tanaman, dan masakan.
C.    Tujuan
Mampu Mengetahui lingkungan dan pola hidup sehat.

D.    Petunjuk
1.    Amati gambar yang ada di LKS, kemudian jodohkan sesuai sebab dan akibatnya.
2.    Berilah tanda centang ( √ ) pada gambar untuk lingkungan sehat tandailah dengan × untuk lingkungan yang tidak sehat.








1.      Pasangkan gambar kegiatan yang dilakukan oleh manusia yang sesuai dengan lingkungan dan pola hidup sehat.

                                                                       
                                                                                   
banjir
Menyapu halaman

 
                                                                       

Rumah bersih dan sehat
Membuang sampah
 





Cuci tangan
Makan permen
 








Bermain tanah
Sikat gigi
 





2.      Tandailah dengan tanda √ untuk lingkungan sehat tandailah dengan × untuk lingkungan yang tidak sehat


                                                                                               





                                                                       











                                                                                                                           
 



                                                                      


 


                                                      



Rubrik Penilaian

1.      Rubrik penilaian menjodohkan
No
Kriteria
4
3
2
1
1.
Ketepatan sebab akibat dengan gambar
Menjodohkan sebab dan akibat dari gambar benar semua
Menjodohkan sebab dan akibat dari gambar salah 1
Menjodohkaan sebab dan akibat dari gambar salah 2
Menjodohkaan sebab dan akibat dari gambar salah 3
2.
Kerapian dalam menjodohkan
Kerapihan dalam menjodohkan rapi
Kerapian dalam menjodohkan cukup rapi
Kerapian dalam menjodohkan kurang  rapi 
Kerapian dalam menjodohkan tidak rapi
3.
Ketelitian dalam menjodohkan
Ketelitian dalam menjodohkan teliti
Ketelitian dalam menjodohkan cukup teliti

Ketelitian dalam menjodohkan kurang teliti
Ketelitian dalam menjodohkan tidak teliti

2.      Cara penilaian menjodohkan
No
Nama peserta didik
Skor perolehan
Jumlah
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
1.





2.





3.





 Skor maksimal = 12

Nilai =









3.      Rubrik penilaian cek list gambar
No
Kriteria
5
4
3
2
1
1.
Kerapian penulisan tanda
Kerapain Penulisan tanda sangat rapi
Kerapain Penulisan tanda rapi
Kerapain Penulisan tanda cukup rapi
Kerapain Penulisan tanda kurang rapi
Kerapain Penulisan tanda tidak rapi
2.
Ketelitian memilih tanda
Ketelitian memilih tanda sangat  teliti
Ketelitian memilih tanda teliti
Ketelitian memilih tanda cukup teliti
Ketelitian memilih tanda kurag teliti
Ketelitian memilih tanda tidak rapi

4.      Cara penilaian cek list gambar
No
Nama Peserta didik
Perolehan skor
Jumlah
Kriteria 1
Kriteria 2

1




2




3





Skor maksimal = 10

Nilai =  × 100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar